Jenis Data Input Dalam Excel
Copwer – Salam nikmat penikmat software! Kali ini Mimin akan berbagi sebuah informasi tipe atau jenis data dalam input excel. Info ini Mimin rasa penting karena dengan mengetahui jenis data yang kita input maka kita bisa cek kesalahan jika sewaktu fungsi yang kita masukkan salah. Jadi nggak semata-mata menyalahkan aplikasinya yang eror, fungsinya yang salah karena bisa jadi jenis data tersebut tidak sesuai dengan jenis fungsinya.
Tanpa panjang lebar, langsung ke TKP saja yuk.

Data Input Angka (Numerik)

Data angka adalah yang murni berupa angka atau simbol-simbol yang berhubungan dengan nilai. Karakter dari data angka yaitu 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 + - ( ) , / $ . dan simbol mata uang atau rumus matematis lainnya.
Ms Excel secara otomatis akan menghilangkan penulisan awalan simbol plus (+) pada setiap data angka, namun tetap mempertahankan awalan minus (-) dan koma (untuk komputer Indonesia) atau titik (untuk komputer US) sebagai tanda pemisah angka desimal.
Berikut adalah beberapa ketentuan dan hal yang perlu sobat perhatikan mengenai penulisan data angka dalam excel :
  • Untuk penulisan angka yang berbentuk pecahan (fraction), sobat terlebih dahulu harus mengawalinya dengan angka nol (0) lalu spasi baru ketik pecahannya. Karena jika tidak diawali dengan nol, maka data tersebut akan dianggap sebagai data teks. Bahkan terkadang berubah sendiri menjadi data tanggal jika penyebutnya tidak lebih dari 12 dan pembilangnya tidak lebih dari 31.
  • Untuk penulisan angka negatif harus didahului dengan tanda minus (-), contoh -12345. Namun sobat bisa juga menuliskan angka negatif tersebut di dalam kurung, contoh (12345).
  • Pada kondisi default, semua data angka yang sobat masukkan akan rata kanan dalam sebuah sel.
  • Secara otomatis Ms Excel akan memberikan format General terhadap data angka yang sobat input. Tapi beda jika sobat memberikan simbol mata uang di depan angka, secara otomatis Ms Excel akan memberikan format Currency pada data tersebut.
  • Data angka dalam sel yang memiliki format General, Ms Excel akan menampilkannya dalam bentuk bilangan bulat (12345), pecahan desimal (123,45), atau notasi ilmiah (1,23E+08) jika angkat tersebut terlalu panjang melebihan lebar kolom sel yang ada. Format general hanya mampu menampilkan angka sampai 11 digit, itupun sudah termasuk tanda koma desimal atau karakter-karakter lainnya seperti “E” dan “+”

Data Input Teks

Data teks merupakan data yang mengandung angka, spasi, karakter-karakter lainnya yang bukan bertipe numerik atau kombinasi ketiganya. Ms Excel secara otomatis akan menganggap data 1Q2W3E4R, 10Kg, atau 081 234 567 890 sebagai data bertipe teks.
Berikut adalah beberapa ketentuan dan ciri dari penulisan data yang bertipe teks :
  • Pada kondisi default, semua data teks yang sobat masukkan akan rata kiri dalam sebuah sel.
  • Untuk menampilkan dan melipat teks yang panjang dalam sebuah sel, sobat bisa menggunakan perintah wrap text atau dengan menekan [ALT] + [ENTER]

Data Input Tanggal dan Waktu

Ms Excel akan mengganggap data input tanggal dan waktu sebagai bagian dari data teks, jadi di dalam sel akan rata kanan. Formatnya pun akan berubahnya menjadi format Date or Time.
Berikut adalah beberapa ketentuan yang perlu sobat perhatikan saat akan menginput data tanggal atau waktu
  • Jika format waktu dan tanggal komputer agan sudah di setting ke sistem format waktu dan tanggal Indonesia, maka untuk menuliskan waktu (jam) sobat harus menggunakan tanda titik dua (:), contoh 12:34:56 (hh:mm:ss). Sedangkan untuk menuliskan tanggal sobat harus menggunakan tanda slash (/) atau desk (-) sebagai pemisahnya, contoh 11/11/2011 atau 11-11-2011
  • Untuk memasukkan data tanggal dan waktu dalam satu sel harus di pisah dengan spasi, contoh 11/11/2011 12:34:56
  • Ms Excel hanya mampu mengenal data waktu mulai dari tanggal 1900 yang diwakili dengan angka seri 1
Jenis Data Dalam Excel
Itulah beberapa jenis data input dalam Ms Excel. Sekian dan semoga informasi di atas bermanfaat. Salam nikmat!

Pembaca yang baik selalu meninggalkan pesan dan kesan. Sobat termasuk pembaca yang baik?
EmoticonEmoticon