Mengatur Tampilan Jendela Kerja Ms Word

Copwer – Kembali membahas tentang Ms Word, kali ini Mimin ingin berbagi ilmu mengenai cara mengatur tampilan jendela kerja Ms Word. Walaupun hal ini sepele, namun menurut Mimin ini cukup penting untuk menunjang aktivitas kita saat menggunakan Ms Word. Jangan lupa juga untuk membaca trik sepel dari Mimin di postingan sebelumnya, yaitu dasar-dasar Ms Word

Mengenal Jenis Mode Tampilan Jendela Ms Word Beserta Fungsinya

Ms Word memiliki beberapa variasi mode tampilan jendela kerja, di mana setiap variasi itu mempunyai tujuan khusus dalam penggunaannya.

Sobat bisa mengubah tampilan jendela kerja Ms Word dengan mengklik tab VIEW lalu pilih mode tampilan yang sobat inginkan di grup VIEWS atau dengan memilih langsung mode tampilan jendela Ms Word melalui views shortcut yang berada di pojok kanan bawah program Ms Word (sebelah kiri tombol ZOOMING).

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai variasi mode-mode tampilan jendela kerja Ms Word.

  • Print Layout

Mode ini akan menampilkan dokumen sobat sebagaimana jika diprint nanti. Pada mode ini akan ditampilkan margin, header, footer, nomor halaman, watermark, dan page breaks (pemisahan halaman).

  • Read More

Pada mode ini, isi dokumen akan ditampilkan sesuai dengan ukuran layar, sehingga akan membuat sobat nyaman dalam membaca. Saat sobat sedang berada dalam mode ini, tampilan ribbon menu hanya akan terdiri dari tiga tab, yaitu FILE, TOOLS, dan VIEW.

Sobat tetap dapat melakukan pencarian, melihat navigasi dokumen, dan melihat komentar dokumen dalam mode Read More ini, hanya saja sobat tidak bisa mengdeit dokumen.

  • Web Layout

Mode ini berguna untuk melihat dokumen jika ditampilan dalam web. Mode ini juga sangat berguna bagi sobat untuk meninjau kembali bagaimana hasil dari text wrap dan pemosisian grafik atau gambar.

  • Outline

Pada mode ini, dokumen sobat akan ditampilan berdasarkan hierarki heading. Jadi teks dengan atribut heading akan lebih condong ke depan, sementara teks biasa akan lebih menjorok ke dalam.

  • Draft

Ini merupakan mode tampilan yang paling simpel. Dengan mode ini sobat tetap bisa memasukkan dan mengedit teks dalam dokumen. Hanya saja dalam mode ini margin, footer, header, dan watermark tidak ditampilkan. Batas antar halaman ditampilkan dalam bentuk garis putus-putus.

Memasukkan Penggaris dan Petak-Petak pada Tampilan Jendela Kerja Ms Word

Selain mode tampilan di atas, sobat juga dapat mengubah tampilan jendela kerja Ms Word dengan memasukkan penggaris atau kotak-kotak kecil mirip seperti buku petak matematika ke dalam jendela kerja.

Tampilan ini tentu akan sangat bermanfaat bagi sobat yang fokus pada layout dari dokumen. Penggaris dan petak bisa mempermudah kita dalam pemosisian dan pengaturan paragraf.

Untuk mengaktifkan tampilan ini, caranya klik tab VIEW ≫ grup SHOW ≫ lalu berikan pilih RULER untuk menampilkan penggaris, GRIDLINES untuk menampilkan petak-petak, dan NAVIGATION PANE untuk menampilkan navigasi dokumen (heading dalam dokumen). Jika sudah, maka tampilannya akan menjadi seperti berikut ini.

Menampilkan Penggaris dan Petak dalam Word

Menampilkan Beberapa Lembar Halaman Dokumen dalam Satu Jendela Kerja Ms Word

Jika sobat mempunyai dokumen Ms Word yang terdiri dari banyak halaman, sobat juga bisa membuat tampilan jendela kerja Ms Word terdiri dari berbagai lembar halaman. Tampilan ini mungkin akan bermanfaat bagi sobat, utamanya saat memindahkan gambar dan mengecek dokumen.

Caranya adalah dengan klik tab VIEW ≫ pada grup Views pilih PRINT LAYOUT ≫ lalu pilih MULTIPLE PAGES pada grup ZOOM. Berikut adalah tampilannya.

Menampilkan Beberapa Halaman Dalam Word

Itulah cara mengatur jendela kerja Ms Word yang dapat mimin bagikan kepada sobat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan pesan dan kesan. Sobat termasuk pembaca yang baik?
EmoticonEmoticon