Mengenal dan Mengatur Workbook Excel

Copwer – Salam nikmat penikmat software! Kembali berjumpa dengan Mimin di kesempatan yang berbahagia ini. Di malam yang gelap ini Mimin ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan Mimin mengenai workbook excel. Ya, ini memang sederhana tapi cukup disayangkan jika sobat mengetahui ini.

Mengenal Workbook Excel

Singkatnya, workbook (buku kerja) excel adalah sebuah dokumen aktif di excel. Sebuah workbook umumnya terdiri dari beberapa worksheet (lembar kerja). Secara default, dalam satu workbook terdiri dari 3 worksheet (walaupun ini bisa diatur).

Cara Membuat dan Menambah Workbook Baru Di Excel

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat ataupun menambah workbook baru di excel

Cara 1 : buka program Ms. Office Excel, lalu pilih workbook sesuai kebutuhan sobat (umumnya blabnk workbook).

Cara 2 : setelah program Ms. Office Excel terbuka, sobat dapat menambah workbook baru dengan menuju tab menu File ≫ New ≫ lalu pilih Blank Workbook atau sesuai kebutuhan sobat.

Cara 3 : cara lain untuk menambah workbook baru adalah dengan menggunakan short cut [CTRL] + [N]. Dengan short cut ini secara otomatis akan terbentuk Blank Workbook.

Cara Mengatur Tampilan Workbook Excel

Tombol pengatur tampilan workbook Ms Excel terletak di pojok kanan bawah lembar kerja Ms Excel. Selain itu sobat juga bisa menggunakan tombol perintah yang terdapat dalam tab View grup Workbook Views untuk mengatur tampilan woorbok Ms Excel.

Berikut adalah beberapa pilihan tampilan workbook Ms Excel :

  1. Normal, ini adalah tampilan default workbook Ms Excel yang menampilkan lembar kerja spreadsheet dalam tampilan normal dengan sel yang sangat banyak tanpa terpotong.

  2. Page Layout, pilihan ini berguna untuk menampilkan semua informasi dalam workbook Ms Excel secara utuh mulai dari objek grafik, bagian header, bagian footer, dan item lainnya. dalam tampilan ini margin dan halaman antar kertas juga terlihat jelas.

  3. Page Break Preview, pilihan ini berguna untuk menampilkan lembar kerja dalam format preview dan sekaligus menapilkan tanda/garis batas cetak antar halaman. Biasanya pada setiap halaman akan diberi keterangan Page 1, Page 2, dan seterusnya. Pilihan ini mirip dengan fitur Print Preview.

  4. Full Screen, pilihan ini berguna untuk menampilkan lembar kerja Ms Excel dalam tampilan satu layar penuh. Tekan tombol [ESC] untuk keluar dari tampilan Full Screen ini.  Pada Ms Excel 2013, pilihan tampilan Full Screen tidak disediakan secara default pada tab View Grup Workbook Views, sehingga sobat harus menambahkannya sendiri.

  5. Custom Views, pilihan ini berguna untuk menampilkan lembar kerja Ms Excel dalam tampilan yang ditentukan sendiri.  Saat sobat klik tombol perintah ini, maka otomatis akan keluar kotak dialog Custom Views.  Klik Add untuk menambahkan, lalu beri nama dan tentukan pengaturan tampilannya, lalu klik OK. Untuk menampilkannya klik Custom Views lagi, lalu cari nama tampilan yang tadi sobat buat, kemudian klik Show.

  6. Zoom level, ini berguna untuk mangatur besar kecil ukuran tampilan lembar kerja Ms Excel. Untuk memperbesar tampilan geser slider ke kanan, sedangkan untuk memperkecil tampilan geser solider ke kiri.

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Workbook Excel

Selain dengan memberi kata sandi, sobat dapat menyembunyikan workbook dan worksheet untuk mengamankan data sobat di Ms Excel. Menyembunyikan workbook juga bermanfaat untuk memperluas area kerja dan mencegah perubahan-perubahan data yang tidak diinginkan.

Untuk menyembunyikan workbook, klik tab menu View, lalu klik Hide pada grup Window.

Ketika sobat keluar, maka akan keluar sebuah pesan yang menanyakan apakah sobat ingin menyimpan perubahan yang telah dilakukan pada workbook sobat yang tersebunyi itu, klik Save untuk menyimpan perubahannya.

Apabila di lain waktu sobat membuka Ike workbook tersembunyi tersebut, maka jendela workbook masih akan tetap dalam kondisi tersembunyi.

Untuk menampilkan kembali  workbook yang tersembunyi, klik tab menu View, lalu klik Unhide pada grup Window. Saat kotak dialog muncul, pilih nama file yang ingin ditampilkan kembali lalu klik OK.

Cara Menyimpan Workbook Excel

Jika sobat sudah menyelesaikan pekerjaan, selanjutnya sobat bisa menyimpan file workbook terseut ke media penyimpanan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Pilih salah satu perintah di bawah ini.

Cara 1 : Tekan [CTRL] +[S]

Cara 2 :

  1. Klik tombol Save (logo disket) pada bagian Quick Access Toolbar.

  2. Klik tab File, pilih Save atau Save As

  3. Selanjutnya klik Browse untuk memillih tempat penyimpanan.

  4. Tentukan nama file pada kotak File Name.

  5. Lalu pilih format file pada Save as type.

  6. Terakhir klik Save.

Cara Menutup Workbook Excel

Untuk menutup workbook Ms Excel tanpa keluar dari program Ms Excel caranya yaitu dengan klik tab File lalu klik Close

Sedangkan untuk menutup workbook Ms Excel sekaligus keluar dari program Ms Excel caranya  yaitu dengan klik tanda silang pada pojok kanan atas atau dengan metekan tombol [CTRL] + [F4].

Cara Membuka Kembali Workbook Ms Excel

Ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk membuka kembali workbook Ms Excel

  1. Cara 1 : Mencari tempat penyimpanan file tersebut. Jika sudah ketemu klik dua kali pada nama file tersebut atau klik kanan lalu pilih Open.

  2. Cara 2 : Buka program Ms Ms Excel, lalu pilih Open ≫ Computer ≫ Browse ≫ selanjutnya cari di mana sobat menyimpan file workbook yang ingin dibuka. Jika sudah ketemu klik Open.

Itulah pengetahuan mimin mengenai pengenalan dan pengaturan workbook Ms Excel yang dapat Mimin bagikan kepada sobat. Sekian dan semoga bermanfaat. Salam nikmat!

Pembaca yang baik selalu meninggalkan pesan dan kesan. Sobat termasuk pembaca yang baik?
EmoticonEmoticon