Mengenal dan Mengatur WorkSheet Excel

Copwer – Salam nikmat penikmat software! Setelah mimin membuat tips dan trik mengenai pengaturan workbook Ms Excel, kali ini Mimin mau berbagi tentang pengetahuan dan pengalaman Mimin dalam mengatur dan mengelola worksheet Ms Excel.

Mengenal Worksheet Ms Excel

Dalam setiap workbook Ms Excel terdiri dari beberapa worksheet. Sobat dapat mengubah nama, menyalin, memindahkan, serta mengatur urutan worksheet.

Cara Membuat Worksheet Baru Di Ms Excel

Silahkan sobat pilih salah satu cara dari  4 cara menyisipkan Worksheet baru di workbook Ms Excel yang sobat anggap paling mudah.

Cara 1 :
Tekan tanda plus (New Sheet) yang berada di sebelah kanan nama sheet.

Cara 2 :
Menggunakan short cut dengan menekan tombol [CTRL] + [F11]

Cara 3 :

  1. Arahkan mosue pointer ke grup Cells pada tab Home

  2. Lalu klik Insert

  3. Kemudian pilih Insert Sheet

Cara 4 :

  1. Klik kanan pada nama salah satu sheet.

  2. Pilih Insert, maka akan terbuka kotak dialog insert.

  3. Pilih Worksheet.

  4. Klik OK.

Cara Memilih Worksheet Di Ms Excel

Sobat dapat memilih sebuah worksheet tunggal dengan cara mengklik bagian worksheet yang diinginkan. Berikut adalah perintah-perintah untuk memilih satu atau beberapa worksheet sekaligus :

Saat sobat memilih lebih dari satu sheet, maka pada titel bar akan tampil informasi [Group] di belah kanan nama file/workbook.

Untuk membatalkan pemilihan beberapa sheet (grup sheet) yang sudah terpilih, klik sembarang pada sheet yang tidak terpilih (tidak termasuk dalam grup sheet) atau klik kanan pada salah satu grup sheet  lalu pilih Ungroup Sheets.

Cara Menghapus Worksheet Di Ms Excel

Ada dua cara yang bisa sobat lakukan untuk menghapus worksheet di Ms Excel.

Cara 1 :

  1. Pilih satu atau beberapa sheet yang ingin sobat hapus.

  2. Arahkan mouse pointer ke grup Cells pada tab Home.

  3. Klik Delete

  4. Pilih Delete Sheet

Cara 2 :

  1. Klik kanan pada sheet yang ingin dihapus.

  2. Lalu pilih Delete

Cara Menentukan Jumlah Default Worksheet Pada Workbook Ms Excel

Secara default di Ms Excel 2013, setiap kali sobat membuat sebuah workbook baru, maka secara otomatis workbook tersebut terisi 1 worksheet.

Sobat dapat mengubah jumlah worksheet default tersebut, sehingga setiap kali sobat membuat workbook baru jumlah worksheetnya tidak hanya satu. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Klik tab menu File

  2. Lalu pilih Options, maka akan terbuka kotak dialog Ms Excel Options.

  3. Pilih kategori General

  4. Isi kotak teks Include this many sheets dengan jumlah default worksheet yang akan dibentuk

  5. setiap sobat membuat workbook baru.

Cara Mengganti Nama Worksheet Ms Excel

Secara default sheet akan dinamai Sheet1, Sheet2, dst. Sobat bisa mengubah nama sheet tersebut sesuai kebutuhan.

Berikut adalah tiga pilihan cara yang bisa sobat lakukan untuk mengganti nama worksheet.

Cara 1 :

  1. Doube klik pada sheet yang dingin diubah namanya.

  2. Ketika nama sheet baru, misal “Copwer”.

  3. Jika sudah selesai tekan tombol [ENTER].

Cara 2 :

  1. Klik kanan pada sheet yang ingin diubah namanya.

  2. Pilih Rename.

  3. Ketika nama sheet baru, misal “Copwer”

  4. Jika sudah selesai tekan tombol [ENTER]

Cara 3 :

  1. Pilih sheet yang ingin diubah namanya.

  2. Arah mouse pointer ke grup Cells pada tab Home, lalu pilih Format.

  3. Pilih Rename Sheet.

  4. Ketika nama sheet baru, misal “Copwer”.

  5. Jika sudah selesai tekan [ENTER].

Sobat dapat menuliskan nama worksheet sampai maksimal 31 karakter termasuk spasi. Nama worksheet yang sobat ketik tidak boleh mengandung karakter titik dua (:), tanda tanya (?), slash (\), backslash (/), atau steril (*).

Cara Memindah Worksheet yang Masih Dalam Satu Workbook

Seperti yang sudah Mimin bilang di awal, bahwa sobat dapat menggeser ataupun memindah urutan sheet dalam workbook Ms Excel. Berikut adalah caranya :

Cara 1 :

Pilih sheet yang ingin dipindah, lalu drag sheet ke lokasi (urutan) yang diinginkan.

Cara 2 :

  1. Pilih sheet yang ingin dipindah. Misal “Sheet2”

  2. Arah mouse sobat ke tombol Format pada tab Home grup Cells.

  3. Pilihlah perintah Move or Copy Sheet, maka akan terbuka kotak dialog Move or Copy Sheet.

  4. Pilih lokasi sheet yang baru pada bagian Before sheet. Misal sobat memilih “Sheet1” maka “Sheet2” nantinya akan terletak di sebelah kiri “Sheet1”.

  5. Klik OK.

Cara 3 :

  1. Pilih sheet yang ingin dipindah. Misal “Sheet2”

  2. Klik kanan pada “Sheet2”.

  3. Pilihlah perintah Move or Copy Sheet, maka akan terbuka kotak dialog Move or Copy Sheet.

  4. Pilih lokasi sheet yang baru pada bagian Before sheet. Misal sobat memilih “Sheet1” maka “Sheet2” nantinya akan terletak di sebelah kiri “Sheet1”.

  5. Klik OK

Cara Memindah Worksheet yang Ke Workbook Lain

Tidak hanya dalam satu workbook, sobat juga bisa memindah worksheet ke workbook lain. Berikut langkah-langkahnya.

Cara 1 :

  1. Klik tombol Arrange All pada tab View Grup Window.

  2. Pilih salah satu tatanan jendela-jendela sheet, misal “Tiled” lalu klik OK.

  3. Tekan tombol [SHIFT] sambil menggeser (drag) sheet yang ingin dipindah dari satu jendela workbook ke jendela workbook lain.

Cara 2 :

  1. Pilih sheet yang ingin dipindah. Misal “Sheet2” pada “Book1”

  2. Arah mouse sobat ke tombol Format pada tab Home grup Cells.

  3. Pilihlah perintah Move or Copy Sheet, maka akan terbuka kotak dialog Move or Copy Sheet.

  4. Pada kotak To book, pilih workbook tujuan yang akan menerima sheet pindahan, misal “Book2” atau “new book” untuk membuat workbook baru.

  5. Pilih lokasi sheet yang baru pada bagian Before sheet. Misal sobat memilih “Sheet1”. Dengan demikian berarti sobat akan memindah “Sheet2” dari “Book1” ke sebelah kiri “Sheet1” di “Book2”.

  6. Klik OK.

Cara 3 :

  1. Pilih sheet yang ingin dipindah. Misal “Sheet2” pada “Book1”

  2. Klik kanan pada “Sheet2”.

  3. Pilihlah perintah Move or Copy Sheet, maka akan terbuka kotak dialog Move or Copy Sheet.

  4. Pada kotak To book, pilih workbook tujuan yang akan menerima sheet pindahan, misal “Book2” atau “new book” untuk membuat workbook baru.

  5. Pilih lokasi sheet yang baru pada bagian Before sheet. Misal sobat memilih “Sheet1”. Dengan demikian berarti sobat akan memindah “Sheet2” dari “Book1” ke sebelah kiri “Sheet1” di “Book2”.

  6. Klik OK.

Cara Menyalin Worksheet yang Masih Dalam Satu Workbook

Selain memindah, sobat juga bisa menyalin worksheet. Berikut langkah-langkahnya :

Cara 1 :

Pilih sheet yang ingin disalin, lalu drag sheet sambil menekan tombol [CTRL].

Cara 2 :

  1. Pilih sheet yang ingin salin. Misal “Sheet2”

  2. Arah mouse sobat ke tombol Format pada tab Home grup Cells.

  3. Pilihlah perintah Move or Copy Sheet, maka akan terbuka kotak dialog Move or Copy Sheet.

  4. Berikan tanda check list pada kotak Create a copy.

  5. Pilih lokasi sheet yang baru pada bagian Before sheet. Misal sobat memilih “Sheet1” maka nantinya akan tercipta “Sheet2(2) di sebelah kiri “Sheet1”

  6. Klik OK.

Cara 3 :

  1. Pilih sheet yang ingin dipindah. Misal “Sheet2”

  2. Klik kanan pada “Sheet2”.

  3. Berikan tanda check list pada kotak Create a copy.

  4. Pilih lokasi sheet yang baru pada bagian Before sheet. Misal sobat memilih “Sheet1” maka nantinya akan tercipta “Sheet2(2) di sebelah kiri “Sheet1”

  5. Klik OK.

Cara Menyalin Worksheet yang Ke Workbook Lain

Sama halnya dengan memindah worksheet, menyalin worksheet juga bisa dilakukan antar workbook. Berikut langkah-langkahnya

Cara 1 :

  1. Klik tombol Arrange All pada tab View Grup Window.

  2. Pilih salah satu tatanan jendela-jendela sheet, misal “Tiled” lalu klik OK.

  3. Tekan tombol [CTRL] sambil menggeser (drag) sheet yang ingin disalin dari satu jendela workbook ke jendela workbook lain.

Cara 2 :

  1. Pilih sheet yang ingin disalin. Misal “Sheet2” pada “Book1”

  2. Arah mouse sobat ke tombol Format pada tab Home grup Cells.

  3. Pilihlah perintah Move or Copy Sheet, maka akan terbuka kotak dialog Move or Copy Sheet.

  4. Berikan tanda check list pada kotak Create a copy.

  5. Pada kotak To book, pilih workbook tujuan yang akan menerima hasil salinan sheet, misal “Book2” atau “new book” untuk membuat workbook baru.

  6. Pilih lokasi sheet yang baru pada bagian Before sheet. Misal sobat memilih “Sheet1”. Dengan demikian akan tercipta hasil salinan “Sheet2(2)” di sebelah kiri “Sheet1” pada “Book2”

  7. Klik OK.

Cara 3 :

  1. Pilih sheet yang ingin dipindah. Misal “Sheet2” pada “Book1”

  2. Klik kanan pada “Sheet2”.

  3. Pilihlah perintah Move or Copy Sheet, maka akan terbuka kotak dialog Move or Copy Sheet.

  4. Berikan tanda check list pada kotak Create a copy.

  5. Pada kotak To book, pilih workbook tujuan yang akan menerima hasil salinan sheet, misal “Book2” atau “new book” untuk membuat workbook baru.

  6. Pilih lokasi sheet yang baru pada bagian Before sheet. Misal sobat memilih “Sheet1”. Dengan demikian akan tercipta hasil salinan “Sheet2(2)” di sebelah kiri “Sheet1” pada “Book2”

  7. Klik OK

Itulah pengertian dan beberapa pengaturan dalam worksheet Ms Excel. Sekian dan semoga bermanfaat. Salam Nikmat!

1 komentar:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan pesan dan kesan. Sobat termasuk pembaca yang baik?
EmoticonEmoticon